Tanwir.ID Kanal Tafsir Mencerahkan

Keutamaan dan Manfaat Membaca Al-Qur’an

Membaca Al-Qur'an
Sumber:

Keutamaan Membaca Al-Quran

Al-Qur’an adalah kitab suci bagi umat Islam yang menjadi pedoman hidup dan sumber kebenaran. Membacanya adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Terdapat banyak keutamaan yang bisa didapatkan dengan membacanya secara rutin.

Pertama-tama, membaca Al-Qur’an merupakan ibadah yang penuh keberkahan. Mendengarkan atau membacanya dengan penuh perhatian dan kerendahan hati dapat menghadirkan rasa spiritual dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain itu, membacanya juga dapat memberikan ketenangan jiwa dan menyucikan hati (Sukiyah et al., 2021).

Dalam QS. Shaad: 29 disebutkan, “Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayat-Nya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran”. Membacanya juga merupakan bentuk zikir kepada Allah SWT.

Dengan memberikan perhatian penuh saat membaca Al-Qur’an, kita mengingat dan menyebut nama Allah SWT serta mendapatkan keberkahan-Nya. Selain itu, membacanya juga dapat memberikan pahala yang berlipat ganda. Setiap huruf yang dibaca dalam Al-Qur’an akan mendapatkan pahala bagi pembacanya.

Allah SWT memberikan keutamaan khusus bagi orang yang mahir membaca Al-Qur’an. Mereka akan dinaikkan derajatnya dan diberikan kemenangan di dunia dan akhirat. Membacanya juga memiliki manfaat bagi kesehatan mental dan emosional. Dalam proses membacanya, pikiran kita terfokus pada ayat-ayat yang indah dan penuh makna, sehingga dapat menghilangkan stres dan kegelisahan dalam diri.

Manfaat lain dari membaca Al-Qur’an adalah menjadi keluarga Allah SWT dan pilihan-Nya. Siapa pun yang membacanya dengan penuh keikhlasan dan keyakinan akan dianggap sebagai anggota keluarga Allah SWT.

Upaya Mendekatkan Diri Pada Allah

Membaca Al-Qur’an juga merupakan upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Melalui pembacaan terhadapnya kita dapat meningkatkan hubungan spiritual kita dengan Allah SWT. Kita dapat merasakan kehadiran-Nya dalam setiap kata dan ayat yang kita baca. Membacanya juga memberikan pemahaman dan hikmah yang mendalam tentang agama Islam.

Baca Juga  Meneguhkan Kembali Konsep Akal dan Manfaatnya Menurut Islam

Melalui memahami dan mengamalkan isi Al-Qur’an, kita dapat mengetahui ajaran-ajaran Islam yang mengatur kehidupan sehari-hari kita. Kita dapat menemukan petunjuk tentang ibadah, moralitas, hukum, dan nilai-nilai yang dianut dalam agama Islam. Selain itu, membaca Al-Qur’an juga dapat menjadi landasan untuk membentuk karakter Islami pada peserta didik di lembaga.

Membaca Al-Qur’an juga menjadi sarana untuk mencari kebenaran dan pengetahuan. Banyak ayat-ayat dalam Al-Qur’an yang memberikan wawasan dan pemahaman tentang dunia serta alam semesta yang diciptakan oleh Allah SWT. Membacanya juga bisa menjadi sumber inspirasi dan motivasi dalam kehidupan sehari-hari. Dapat kita temukan kisah-kisah inspiratif tentang para nabi dan rasul.

Manfaat Membaca Al-Qur’an

Selain keutamaannya, membaca Al-Qur’an juga memiliki manfaat yang sangat besar. Salah satu manfaat membacanya adalah mendapatkan petunjuk hidup yang benar. Dalam Al-Qur’an terdapat panduan-panduan yang mengarahkan kita dalam menjalani kehidupan yang sesuai dengan ajaran agama Islam.

Kitab suci Al-Qur’an mengandung nilai-nilai moral dan etika yang menjadi landasan bagi kehidupan sehari-hari. Melalui membaca Al-Qur’an, kita dapat memperoleh pemahaman tentang bagaimana seharusnya berinteraksi dengan sesama manusia, menjaga hubungan keluarga, dan berperilaku yang baik dalam masyarakat.

Selain itu, membaca Al-Qur’an juga dapat memberikan ketenangan jiwa dan ketenangan hati (Sukiyah et al., 2021). Dalam kesibukan ketika kita membacanya dengan hati yang khusyuk, kita akan merasakan kedamaian dan ketenangan. Beberapa manfaat membacanya antara lain yaitu:

Pertama, mendapatkan pahala dari Allah SWT. Dari membacanya, seseorang akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT. Kedua, peningkatan kualitas hidup. Ayat-ayat Al-Qur`an memberikan pedoman tentang etika, moralitas, hubungan sosial, dan keadilan. Dengan cara kita membaca dan memahami ajaran-ajaran di dalamnya, kita dapat merubah perilaku yang buruk menjadi lebih baik.

Baca Juga  Tazkiyatun Nafs Sebagai Solusi Krisis Identitas

Ketiga, menenangkan jiwa pikiran. Membaca Al-Qur`an dapat menjadikan sumber ketenangan dan kedamaian, kebijaksanaan, mengajarkan kita kesabaran, dan pengampunan. Keempat, kesehatan. Apabila kita membacanya secara rutin kita dapat menurunkan gejala stres, menstabilkan tekanan darah dan meningkatkan fokus serta konsentrasi.

Proses Membaca Al-Qur’an

Bagaimana proses kita saat sedang membaca Al-Qur`an. Pertama, saat belajar membacanya, seseorang harus rajin, penuh semangat dan bersungguh-sungguh. Di usahakan untuk membacanya setiap hari.

Kedua, pentingnya untuk mengetahui huruf-huruf yang berharakat yang bacaannya panjang dua atau lima ketukan hitungan nafasnya. Selain itu, cara membacanya dengan melibatkan kebiasaan diri dalam berlatih membaca, mengenal tajwid, dan mencari guru mengaji yang kompeten. Membacanya dengan cara baik dan benar membutuhkan kesabaran, ketekunan, dan konsistensi dalam berlatih.

Penyunting: Bukhari

Afifa Rahmatul Marzuqo
Mahasiswa Sosiologi Agama Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung