Tanwir.ID Kanal Tafsir Mencerahkan

Mengenal 4 Keistimewaan Surat Al-Fatihah

Sumber: https://www.pinterest.com/

Keistimewaan adalah satu hal yang menarik seseorang pada suatu objek tertentu, tak terkecuali Al-Qur’an. Al-Qur’an menjadi kitab yang istimewa karena mengandung beragam surat yang juga istimewa. Nah, semakin istimewa suatu surat maka akan semakin tergerak hati seseorang untuk membaca dan mengkajinya.

Satu dari sekian surat yang punya keistimewaan itu adalah surat Al-Fatihah. Surat yang sudah menjadi bacaan sehari-hari oleh umat Islam di seluruh dunia. Namun, sudahkah kita mengenal keistimewaan surat Al-Fatihah? Sudahkah kita tertarik padanya kemudian menghayati kandungannya?

Untuk itu, berikut akan diuraikan 4 keistimewaan surat Al-Fatihah. Dengan begitu, kita akan terus mengkaji dan menggali kedalaman surat ini. Mengingat, bahwa Al-Qur’an tidak akan habis keajaibannya dan tidak akan usang makna-maknanya.Lalu, apa saja keistimewaannya? Berikut uraian singkatnya!

Susunan Surat Al-Fatihah

Susunan surat ini berbeda dengan susunan surat-surat lain di dalam Al-Qur’an, mengapa? Karena surat lain mengungkapkan kalam Allah, sementara surat ini mengungkapkan kalam hamba-Nya.

Boleh jadi, dalam surat ini, Allah ingin mengajarkan hamba-Nya bagaimana cara berkomunikasi dan bermunajat pada-Nya. Coba kita perhatikan lagi, maka kita akan menemukan bahwa redaksi ayat-ayatnya mengekspresikan perkataan hamba kepada Allah.

Hal ini lebih jelas lagi pada ayat kelima, keenam dan ketujuh. Di sana terdapat ungkapan “hanya kepada-Mu” dan permohonan untuk ditunjuki jalan yang lurus. Tentu, ini perkataan seorang hamba pada tuannya.

Jika kita menghayati surat ini saat salat, seolah kita merasa terbang bersama sayap-sayap para malaikat menuju alam maknawi. Kemudian membumbung tinggi hingga merasa dekat dengan Allah.

Yang menarik, surat ini ingin mengajarkan bahwa hamba bisa berkomunikasi secara langsung pada Allah tanpa melalui perantara yang dibuat-buat oleh aliran yang menyimpang. Dan yang lebih menarik adalah relasi ciptaan dan pencipta ini menempati posisi pertama di dalam Al-Qur’an.

Baca Juga  Mengenal Muhammad Syahrur dan Teori Hermeneutikanya

Surat Al-Fatihah Asas Al-Qur’an

Jika segala sesuatu memiliki asas, maka asas dari Alquran adalah surat Al-Fatihah. Oleh karenanya, surat ini juga disebut dengan ummul kitāb. Secara bahasa, kata “umm” bermakna asas, pokok, atau akar.

Ibarat Alquran sebuah jurnal, maka Al-Fatihah adalah bagian abstraknya. Yakni merangkum intisari, poin-poin serta kata kunci dalam keseluruhan Al-Qur’an. Bahwa di dalamnya terdapat tiga tingkatan iman; meyakini dengan hati, mengikrarkan dengan lisan dan mengamalkan dengan anggota tubuh.

Terdapat sebuah riwayat yang menyebutkan bahwa pahala membaca surat ini sama dengan membaca dua pertiga dari Al-Qur’an. Rasulullah Saw. bersabda, “Setiap Muslim yang membaca surat Al-Fatihah maka diberikan pahala seperti seorang yang membaca dua pertiga Al-Qur’an.”

Ungkapan dua pertiga, mengisyaratkan bahwa Al-Qur’an memiliki tiga bagian, yaitu: seruan pada Allah (tauhid), kabar tentang hari kiamat dan syariat. Sementara Al-Fatihah hanya memuat tauhid dan hari akhir.

Surat Al-Fatihah Sebagai Kehormatan Nabi Muhammad

Surat Al-Fatihah merupakan hadiah ilahiah yang diturunkan untuk Rasulullah. Kemuliaan surat ini bersanding dengan Al-Qur’an seutuhnya. Sebagaimana dalam surat al-Hijr ayat 87: “Sungguh telah kami turunkan kepadamu (Muhammad) tujuh ayat yang diulang-ulang dan Al-Qur’an yang Agung”

Dari ayat ini, dapat kita lihat keagungan surat ini yang bersanding dengan Al-Qur’an pada posisi simetris. Selain itu, surat ini juga memiliki nama “Sab’ minal matsānī“, tujuh ayat yang sering dibaca berulang-ulang. Dan memang surat ini selalu dibaca dalam salat lima waktu.

Surat Al-Fatihah Dianjurkan Untuk Selalu Dibaca

Dengan segala keagungan surat ini, dalam berbagai hadis banyak penekanan untuk membaca surat ini di berbagai kegiatan. Karena, membaca surat ini dapat membangkitkan semangat, menguatkan tekad, mendekatkan diri pada Allah, menjauhi dosa-dosa dan menuai berbagai keberkahan.

Baca Juga  Sinonim dan Antonim dalam Al Quran

Bahkan surat ini terkenal dengan penuh keberkahan. Diyakini menjadi penyembuh bagi seluruh penyakit, kesulitan dan berbagai problem kehidupan. Maka, dalam berbagai aktivitas tidaklah sempurna jika tidak diawali dengan membaca surat Al-Fātihah dengan penuh khusyuk dan khidmat.

Inilah 4 keistimewaan dari surat Al-Fatihah, semoga dapat menambah kekaguman dan kecintaan pada Al-Qur’an, kemudian tertarik untuk selalu membaca Al-Qur’an. Khususnya surat Al-Fatihah. Sehingga keberkahan hidup selalu menaungi setiap langkah perjalanan kehidupan kita.

Wallahu a’lam bishawab.