Tanwir.ID Kanal Tafsir Mencerahkan

Doa Ketika Terbangun Tengah Malam

Doa, Terbangun
tidur
Sumber: https://www.freepik.com

Pernahkah Anda terbangun di tengah malam? Mau buang air kecil, mimpi buruk, buang air besar, jin, setan, makhluk halus dan sebagainya. Terlepas dari alasan tersebut, ternyata ada doa yang dianjurkan oleh Nabi untuk selalu diamalkan oleh umatnya ketika dia bangun di tengah malam.

Doa Bangun Tengah Malam

Rasulullah selalu mengajarkan umatnya untuk selalu berdzikir dan berdoa setiap saat, termasuk ketika bangun di tengah malam. Doa berikut dianjurkan oleh Nabi untuk dibaca ketika dia bangun di tengah malam.

الحَمْدُ للهِ الَّذِيْ عَافَانِيْ فِي جَسَدِيْ وَرَدَّ عَلَيَّ رُوْحِيْ وَأَذِنَ لِيْ بِذِكْرِهِ

Alhamdulillah ladzī ‘āfānī fi body, wa radda ‘alayya rūhī, wa adzina lī bi dhikrih.

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memelihara kesehatan jasmaniku, memulihkan hidupku, dan mengizinkanku menyebut nama-Nya” (HR Bukhari dan Muslim).

Doa di atas adalah doa yang dikutip oleh Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah dalam hadits Nabi Muhammad SAW yang berisi tentang doa bangun tidur melalui tulisannya yang berjudul “Al-Wabilus Shayyib minal Kalim at-Thayyib” (Cairo, Darur Rayyan lit Turats). : 1987 M/ 1408 H, halaman 132).

Adapun upaya menghindari berbagai penyebab terbangun di tengah malam salah satunya gangguan jin, setan atau makhluk halus lainnya. Yaitu dengan membersihkan tempat tidur dan kemudian membaca doa sebelum tidur.

Penutup Doa

Sebagai penutup, mari kita renungkan firman Tuhan bersama-sama:

لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهٖ يَحْفَظُوْنَهٗ مِنْ اَمْرِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ وَاِذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوْمٍ سُوْۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ ۚوَمَا لَهُمْ مِّنْ دُوْنِهٖ مِنْ وَّالٍ

Artinya: “Baginya (manusia) ada malaikat yang selalu bergiliran menjaganya, dari depan dan belakang. Mereka menjaganya dengan perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sampai mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan jika Allah menghendaki keburukan atas suatu kaum, maka tidak ada yang dapat menentangnya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.” (Surat Ar-Rad:11)

Baca Juga  Belajar dari Gereja: Doa dan Bimbingan Keluarga

Demikian doa saat bangun tengah malam. Semoga bermanfaat.

Editor: Ananul Nahari Hayunah