Tanwir.ID Kanal Tafsir Mencerahkan

Doa Ketika Menghadapi Angin Kencang

angin
Sumber: https://pixabay.com/

Musim hujan melahirkan banyak kejadian yang mengakhawatirkan banyak orang. Salah satunya ialah adanya angin kencang yang tidak segan menyerang dan memporak-porandakan apa pun yang ada di sekitarnya. Bahkan, tidak sedikit angin kencang tersebut menelan banyak korban jiwa. Hal ini harus disikapi secara serius oleh kita semua.

Dewasa ini, sebagian orang mudah menghampiri angin kencang. Bahkan, merekam setiap kejadiannya. Seperti yang terjadi di Indramayu beberapa waktu terakhir, hujan deras disertai petir bersama adanya angin kencang yang membuat menara masjid Syech Abdul Manan Islamic Center runtuh dan masih banyak lagi kejadian lainnya yang serupa. Hal itu menarik perhatian banyak orang, sehingga merasa khawatir dengan dampak yang akan ditimbulkan kelak.

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu  bahwa ia mendengar Nabi Saw. bersabda:

الرِّيحُ من رَوْحِ الله، تأتي بالرَّحمة، وتأتي بالعَذَاب، فإذا رَأَيْتُمُوهَا فَلاَ تَسُبُّوهَا، وسَلُوا الله خَيرها، واسْتَعِيذُوا بالله من شرِّها

Artinya: “Angin itu adalah bagian dari rahmat Allah. Ia bisa datang membawa rahmat dan bisa datang membawa azab. Jika kalian melihat angin, janganlah kalian memakinya. Mintalah kepada Allah kebaikannya dan mintalah perlindungan kepada Allah dari kejelekannya. (H.R Abu Dawud)

Ikhtiar dari banyak pihak terkait penanggulangan bencana sudah banyak dilakukan. Terkhusus pula dengan angin kencang atau yang sering disebut dengan angin puting beliung. Mulai dari perkiraan cuaca, hingga perkiraan adanya dampak negatif yang besar yang dapat menimpa. Maka, harus ada hal lain yang harus dilakukan sebagai usaha elite untuk mengatasi permasalahan ini.

Do’a yang Dianjurkan

Islam mengajarkan kita tentang tawakal. Yakni, setelah ikhtiar yang telah maksimal dilakukan untuk mencegah dampak negatif yang diakibatkan oleh bencana tersebut, lalu kita berserah diri kepada Allah Swt. serta bermunajat kepada-Nya, agar kita memperoleh pertolongan dari-Nya. Yakni, dengan melafalkan bacaan doa yang ada di dalam hadis berikut.

Baca Juga  Tafsir Ayat-Ayat Keajaiban Doa Orang Tua

Dari Aisyah radhiallahu ‘anha  bahwa ketika datang angin berhembus kencang ia mendengar Nabi Saw. bersabda:

ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢّ ﺇِﻧّﻲْ ﺃَﺳْﺄَﻟُﻚَ ﺧَﻴْﺮَﻫَﺎ ﻭَﺧَﻴْﺮَ ﻣَﺎ ﻓِﻴْﻬَﺎ، ﻭَﺧَﻴْﺮَ ﻣَﺎ ﺃَﺭْﺳَﻠْﺖَ ﺑِﻪِ؛ ﻭَﺃَﻋُﻮْﺫُ ﺑِﻚَ ﻣِﻦْ ﺷَﺮِّﻫَﺎ، ﻭَﺷَﺮِّﻣَﺎﻓِﻴْﻬَﺎ ﻭَﺷَﺮِّﻣَﺎ ﺃَﺭْﺳَﻠْﺖَ ﺑِﻪِ

Allâhumma innî as aluka khairaha wa khaira mâ fîhâ, wa khaira mâ arsalta bihi, wa a’ûdzubika min syarrihâ, wa syarri mâ fîhâ wa syarri mâ arsalta bihi.

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang ada di dalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi dan keburukan atas apa yang terjadi di dalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan.” (H.R Muslim)

Wallahu a’lam.

Editor: An-Najmi Fikri R