Tanwir.ID Kanal Tafsir Mencerahkan

Belajar Manfaat Bentuk Rasi Bintang Menurut Al-Qur’an

Sumber: istockphoto.com

Allah Swt merupakan tuhan alam semesta, alam semesta merupakan ciptaan Allah yang diurus dengan kehendak dan perhatian Allah. Alam semesta tidak hanya meliputi dunia saja, melainkan juga mencakup luar angkasa. Di luar angkasa terdapat banyak bentuk benda-benda langit yang nampak langsung dari bumi maupun tidak nampak langsung dari bumi. Salah satu benda yang bisa di lihat secara langsung seperti bulan, bintang, dan lain- lainnya.

Walaupun sepertinya bintang terlihat sangat kecil dan berdekatan ketika dilihat dari bumi, sebenarnya bentuk bintang sangatlah besar dan jarak setiap bintang sangatlah jauh. Bintang merupakan salah satu benda langit yang memiliki jumlah yang banyak. Bahkan apabila dilihat dari bumi seperti membentuk pola tertentu, bintang tidak terlihat pada siang hari karena terhalangi oleh sinar matahari yang cahayanya lebih terang.

Pengertian Rasi Bintang

Rasi bintang terdiri dari dua kata yaitu rasi dan bintang. Menurut KBBI rasi adalah kumpulan bintang dalam zodiak yang terbagi atas dua belas kumpulan dan masing-masing memiliki nama. Sedangkan bintang adalah bola gas yang memiliki suhu yang sangat panas dan merupakan benda luar angkasa. Sedangkan menurut KBBI bintang adalah benda langit terdiri atas gas menyala seperti matahari, terutama tampak pada malam hari.

Pengertian lainnya dalam KBBI adalah planet atau gugusan planet yang menjadi pegangan dalam astrologi. Maka dapat disimpulkan bahwa rasi bintang adalah susunan bintang-bintang yang tampak dari bumi membentuk pola-pola tertentu.

Bentuk-bentuk Rasi Bintang

Rasi bintang memilki beberapa bentuk yang berbeda-beda, bentuk yang berbeda-beda tersebut juga terdapat fungsi yang berbeda. Bentuk-bentuk rasi bintang dapat dibedakan menjadi empat macam, yaitu:

1. Rasi bintang biduk (pedati, sungsang, beruang besar).

Baca Juga  Berguru Pada Farid Esack: Pluralisme dan Hermeneutika

Rasi bintang biduk atau juga disebut sebagai rasi bintang beruang besar merupakan rasi bintang yang berada pada langit bagian utara. Oleh karena itu kita bisa melihat rasi bintang ini saat kita memandang langit sebelah utara, rasi bintang biduk terdiri dari dari tujuh bintang. Adanya rasi bintang biduk berguna sebagai penunjuk arah utara.

2. Rasi bintang waluku atau(orion)

Rasi bintang waluku atau orion merupakan rasi bintang yang berada pada langit bagian barat hingga timur, rasi bintang ini bisa terlihat dilangit saat pada sore hari, saat menghadap langit antara timur dan barat, munculnya rasi bintang waluku dimanfaatkan oleh orang dahulu sebagai tanda untuk menggarap sawah atau mencocok tanaman

  3. Rasi bintang pari atau gubuk penceng

Rasi bintang pari atau gubuk penceng merupakan rasi bintang langit yang berada pada langit bagian selatan, tanda kemunculannya ditandai dengan empat bintang berbentuk layang-layang, dan munculnya rasi bintang pari berguna sebagai penunjuk arah selatan.

4. Rasi bintang kalajengking

Rasi bintang kalajengking merupakan rasi bintang yang berada pada langit bagian tenggara yang berbentuk seperti kalajengking, rasi bintang kalajengking berrguna sebagai penunjuk arah tenggara.

Manfaat Rasi Bintang Menurut Al-Qur’an

Berikut ini manfaat rasi bintang menurut al-Qur’an:

1. Rasi bintang sebagai sarana petunjuk arah pada kegelapan darat dan lautan

Dalam al-Qur’an Allah Swt telah berfirman dalam QS. al-An’am ayat 97 yang berbunyi:

وَهُوَ الَّذِيْ جَعَلَ لَكُمُ النُّجُوْمَ لِتَهْتَدُوْا بِهَا فِيْ ظُلُمٰتِ الْبَرِّ وَالْبَحْرِۗ قَدْ فَصَّلْنَا الْاٰيٰتِ لِقَوْمٍ يَّعْلَمُوْنَ

Artinya:

Dan Dialah yang menjadikan bintang-bintang bagimu, agar kamu menjadikannya petunjuk dalam kegelapan di darat dan di laut. Kami telah menjelaskan tanda-tanda (kekuasaan Kami) kepada orang-orang yang mengetahui.”

Baca Juga  Kontekstualisasi Syariat sebagai Solusi Permasalahan Umat

Dalam ayat ini Allah Swt, telah menciptakan bintang-bintang di langit yang membentuk sebuah konsfigurasi khusus atau rasi bintang, Yang dapat berfungsi untuk menentukan arah. Rasi bintang sangat bermanfaat bagi para nelayan dahulu, karena para nelayan dahulu memanfaatkan rasi bintang sebagai penunjuk arah untuk melaut dan saat akan pulang dari melaut, dikarenakan pada zaman dahulu belum ditemukan adanya kompas atau belum adanya teknologi secanggih zaman sekarang.

***

2. Rasi bintang sebagai penghias langit dunia

Rasi bintang sebagaimana juga bintang lainnya dan planet-planet, merupakan keistimewahan yang diciptakan oleh Allah yang berada di langit dunia dan Allah swt menciptakan rasi bintang salah satunya sebagai penghias di langit-langit, seperti halnya yang telah disampaikan Allah Swt dalam QS. al-Hijr ayat 16 yang berbunyi:

وَلَقَدْ جَعَلْنَا فِى السَّمَاۤءِ بُرُوْجًا وَّزَيَّنّٰهَا لِلنّٰظِرِيْنَۙ

Dan sungguh, Kami telah menciptakan gugusan bintang di langit dan men-jadikannya terasa indah bagi orang yang memandangnya.”

3. Rasi bintang berguna sebagai rudal untuk setan

Telah dijelaskan dalam al-Qur’an bahwa sejak dari dahulu setan selalu berusaha untuk mencuri informasi di langit, setan berusaha mencari informasi untuk membisikkan terhadap para dukun, yang sehingga untuk membohongi manusia. Oleh karena itu Allah mencegah setan supaya tidak sampai mendapat informasi dari langit, yaitu dengan menciptakan rasi bintang. Seperti yang telah Allah sampaikan Allah dalam QS. al- Shaffat ayat 6-10, yang berbunyi:

اِنَّا زَيَّنَّا السَّمَاۤءَ الدُّنْيَا بِزِيْنَةِ ِۨالْكَوَاكِبِۙ٦ وَحِفْظًا مِّنْ كُلِّ شَيْطٰنٍ مَّارِد ٧َلاَ يَسَّمَّعُوْنَ اِلَى الْمَلَاِ الْاَعْلٰى وَيُقْذَفُوْنَ مِنْ كُلِّ جَانِب٨ٌدُحُوْرًا وَّلَهُمْ عَذَابٌ وَّاصِب٩ٌ اِلاَّ مَنْ خَطِفَ الْخَطْفَةَ فَاَتْبَعَهٗ شِهَابٌ ثَاقِبٌٌٍ١٠ۖ

Artinya:

6)Sesungguhnya Kami telah menghias langit dunia (yang terdekat), dengan hiasan bintang-bintang, 7)Dan (Kami) telah menjaganya dari setiap setan yang durhaka, 8) mereka (setan-setan itu)tidak dapat mendengar (pembicaraan) para malaikat dan mereka dilempari dari segala penjuru,   9) untuk mengusir mereka dan mereka akan mendapat azab yang kekal, 10) kecuali (setan) yang mencuri (pembicaraan); maka ia dikejar oleh bintang yang menyala.

Kesimpulan

Rasi bintang merupakan susunan bintang-bintang yang tampak dari bumi membentuk pola-pola tertentu. Dan rasi bintang memiliki 4 macam bentuk seperti rasi bintang biduk (pedati, sungsang, beruang besar), rasi bintang pari atau gubuk penceng, rasi bintang waluku atau(orion) dan yang terakhir rasi bintang kalajengking. Kemudian manfaat adanya rasi bintang menurut al-Qur’an seperti sebagai sarana petunjuk arah pada kegelapan darat dan lautan, sebagai penghias langit dunia, dan berguna sebagai rudal untuk setan.

Baca Juga  Melirik Kembali Pentingnya Tradisi Bahstul Kutub

Editor: An-Najmi

Afif Dani Priyanto
Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran dan Sainsh Al-Ishlah