Tanwir.ID Kanal Tafsir Mencerahkan

Atom dan Penciptaan Allah yang Berpasang-Pasangan

Atom
Gambar: greelane.com

Manusia merupakan makhluk ciptaan Allah yang paling sempurna. Ilmu sains menjelaskan bahwa manusia merupakan salah satu organisme multiseluler. Organisme multiseluler adalah oranisme bersel banyak, contoh lainnya seperti sapi, bunga lili, dan pohon cemara dan masih banyak lainnya. Sedangkan organisme seperti bakteri termasuk organisme uniseluler, yaitu bersel satu.

Organisme tersebut terbentuk dari sistem organ, sehingga membertuk individu atau spesies yang dapat diidentifikasi. Sistem organ merupakan sekumpulan organ yang yang berbeda-beda dan bekerja sama sehingga organ-organ tersebut dapat menjalankan fungsi tubuh tertentu. Contoh dari sistem organ antara lain,organ pernapsan, organ pencernaan, organ saraf dan masih banyak organ yang menyusun fungsi sistem organ.

Organ sendiri mempunyai pengertian secara sains adalah sekumpulan jaringan yang berbeda yang bekerja sama sehingga fungsi dari organ tubuh dapat bekerja secara baik. Organ yang sering kita dengar adalah organ hati, ginjal, jantung, usus, otak, pankreas.

Jaringan tidak begitu saja tersusun, jaringan tersusun karena sekumpulan sel yang bekerja sama sehingga dapat menjalankan perannya. Jaringan yang kita kenal antara lain jaringan otot, meristem, saraf, dna pengangkut.

Begitu juga dengan fungsi sel yang terdiri dari unit terkecil pada struktur makhluk hidup, satu sel terbentuk dari berbagai macam organel yang berbeda. Organel termasuk struktur kecil yang terbentuk dari molekul yang memilikiperan tertentu, contohnya pada tumbuhan yaitu terdapat organel bernama kloroplas.

Jadi molekul merupakan penyusun struktur yang paling kecil? Tentu bukan, molekul ini merupakan bentukan dari kumpulan dua atau lebih atom yang berbeda. Sehingga atom merupakan unsur yang paling kecil dan tidak dapat dibagi lagi secara kimiawi.

Proses dan struktur pada makhluk hidup tidaklah sederhana, mereka terbentuk dari yang paling kecil. Namun tahukah kalian, jika kita memang diciptakan untuk saling berpasangan dari unsur yang paling kecil, iya betul sekali, atom tercipta saling berpasangan.

Baca Juga  Muhammad Abduh (1): Maha Guru Mufasir Aliran Modernis

Al-Quran menyebutkan bahwa seluruh makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT mempunyai pasangannya. Allah berfirman pada QS. Adz-Zaariyat ayat 49 yang artinya:

“Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat akan kebesaran Allah.”

Ternyata makhluk yang diciptakan Allah secara berpasangan tidak hanya manusia, namun juga hewan dan tumbuhan. Ilmu botani mengungkapkan bahwa tumbuhan juga ada 2 jenis yaitu jantan dan betina. Allah berfirman pada QS. Thaha ayat 53 yang memiliki arti, “Dan Dia telah menurunkan dari langit air, maka Kami keluarkan dengannya berpasang-pasangan dari tumbuh-tumbuhan yang beraneka ragam.” Sehingga terjadilah penyerbukan dan tercipta buah-buahan atau bunga dari tumbuhan tersebut.

Mereka semua diciptakan dan dibentuk oleh atom yang memiliki ion yang muatan. Atom yang bermuatan negati disebut protonf dan yang positif disebut elektron, sedangkan yang memiliki sifat netral disebut neutron.

Pada teori atom yang dipelajari pada mata sains yang kita kenal, terdapat empat teori atom. Teori atom dari Dalton merupakan teori atom yang belum bisa membuktikan adanya atom yang berpasangan. Pada teori atom Thomson yang mengandung muatan positif terdapat dan tersebar secara rata dipermukaan bola, sedangkan muatan negatif mengelilingi bola yang bermuata positif.

Sedangkan pada teori atom Rutherford inti atomnya bermuatan positif dan dikelilingi oleh elektron yang bermuatan negatif. Teori atom Bohr memiliki gambaran pengertian bahwa atom seperti planet yang mengelilingi matahari. Alasan Bohr berhubungan dengan gravitasi pada tata surya yang terjadi antara matahari dan pada planet yang mengelilinginya sehingga terjadi tarikan elektrostastik begitu juga yang terjadi pada atom gambaran Bohr.

Keempat teori tersebut membuktikan bahwa atom mempunyai pasangan, yaitu muatan negatrif dan muatan positif. Proton dan elektron ini selalu sebanding, namun dapat berubah menjadi elektron bebas ketika elektron meninggalkan atom dan terbentuklah ion positif. Sebaliknya, ion negatif terbentuk ketika atom menerima elektrok bebas. Elektron-elektron yang tidak stabil cenderung mencari pasangannya, agar kembali stabil.

Baca Juga  Surah An-Ni’am Bukti Manusia Harus Bersyukur

Contoh realitas pada kehidupan dari atom adalah, ketika kita sedanng sakit pasti ada obatnya. Teringat pada HR Abu Daud yang berbunyi, “Allah menurunkan penyakit dan obat dan dijadikan kepada setiap penyakit ada obatnya. Maka berobatlah, tetapi jangan berobat yang haram.”

Begitu juga ketika mendapatkan suatu masalah, ketika teringat Allah pasti ada jalan solusinya. Allah menguji kita, pasti Allah juga yang sediakan solusinya. Allah menciptakan kegelapan pasti Allah juga menciptakan cahaya agar terang.Allah menciptakan segalanya agar seimbang di semesta ini.

Berpasangan bukan hanya tentang laki-laki dan perempuan namun juga seluruh penciptakan Allah. Kata perempuan dan laki-laki diulang sebanyak 24 kali di dalam Al-Quran. Begitu pula pada perilaku manusia ada baik dan buruk, ada hidup dan mati. Ada banyak sekali ayat-ayat dalam Al-Quran yang menjelaskan mengenai berpasang-pasangan. Misalnya pada kata kehidupan dan kematian, Allah menyebutkannya sebanyak 145 kali dan pada perbuatan baik dan buruk sebanyak 167 kali kata tersebut muncul dalam Al-Quran. Tidak hanya itu saja, mengenai kehidupan duni dan akhirat Allah pun menyebutkannya sebanyak 115 kali

Allah SWT berfirman pada QS. Yasin ayat 36 yang berbunyi, “Maha Suci Tuhan yang telah menciptakan pasangan-pasangan semuanya baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka maupun dari apa-apa yang mereka tidak ketahui”

Banyak hal yang perlu kita pelajari dari Al-Quran untuk membuat semesta ini tetap nyaman sdan banyak manusia yang bertawakal kepada-Nya dan bersyukur atas segala hal ciptaan-Nya. Diciptakan dari ion yang sangat sangat kecil, bahkan hanya terlihat oleh mikroskop menjadi molekul, berkumpul menjadi organel, terbentuklah sel-sel yang akhirnya membnetuk jaringan yang dapat membentuk organ sehingga terciptanya sistem organ dan organisme.

Baca Juga  Manfaat Ganja dalam Al-Qur'an: Tafsir Surah Al-Baqarah Ayat 219

Sungguh sains dan Al-Quran sangat beruhubungan, dari atom tersebut kita jadi mengingat bahwa banyak sekali ciptaan-Nya yang berpasangan yang kita belum ketahui atau sering kita lupakan. Semoga sebagai ciptaan Allah kita senantiasa bersyukur walaupun sampai saat ini yang masih menjomblo, tenang pasti jodoh pasti bertemu. 🙂 Membumikan Al-Quran untuk semesta yang nyaman.

Penyunting: M. Bukhari Muslim